Manfaat Omega 3 Untuk Kesehatan Mata


Merdeka.com - Omega 3 adalah asam lemak sehat yang bisa Anda temukan pada lemak ikan, kedelai, dan kacang-kacangan.

Omega 3 tak hanya penting bagi fungsi fisik, dan dapat meningkatkan selera makan serta menyeimbangkan level gula darah.

Omega 3 juga bagus untuk menurunkan risiko penyakit jantung.

Berdasarkan Joybauer.com, meskipun omega-3 seringkali disebut baik untuk otak dan jantung, namun ada satu manfaat omega tiga yang jarang diketahui.

Jika anda memiliki degenerasi makula, yaitu kondisi saat kemampuan makula atau bintik kuning pada mata Anda menurun dan bisa berujung pada kebutaan, maka mengonsumsi omega 3 bisa membantu Anda.

Beberapa bagian sel pada retina, bagian yang menerima pantulan dan cahaya, mengandung docosahexaenoic acid (DHA), yaitu jenis lemak omega 3 yang ditemukan pada lemak ikan seperti salmon, makarel, dan sarden.

DHA akan membantu melindungi sel reseptor mata dari cahaya matahari dan radikal bebas.

Melakukan diet kaya omega 3 juga bisa melindungi mata Anda dari penurunan daya penglihatan yang disebabkan oleh usia.

Tak hanya membantu melindungi mata, omega 3 juga membantu meningkatkan daya ingat dan mencegah diabetes. Penelitian telah menunjukkan bahwa omega 3 yang terkandung dalam minyak ikan bisa mencegah peningkatan 'glucose intolerance' pada orang yang tidak memiliki diabetes.

Selain itu, omega 3 juga bagus untuk kecantikan kulit Anda.

Omega 3 menjaga asupan air dan nutrisi pada membran sel kulit dan melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari.

Anda bisa mendapatkan omega 3 melalui makanan-makanan seperti ikan salmon, hering, makarel, sarden, kerang, walnut, rumput laut, minyak walnut, atau kacang kedelai. [kun]

Tentang Healthy Care Omega 3

Minyak ikan memiliki banyak keuntungan bagi kesehatan khususnya kesehatan mata.

Hal ini dibuktikan melalui penelitian oleh John Paul SanGiovanni, ScD dari National Eye Institute dimana minyak ikan mampu mencegah gangguan mata serius seperti masalah penurunan penglihatan akibat bertambahnya usia dan sindrom mata kering.

Minyak ikan kaya akan kandungan asam lemak omega-3 yang dapat menekan risiko gangguan penglihatan degeneratif yang disebut Age-related Macular Degeneration (AMD) hingga 30 persen lebih jika dikonsumsi sekurangnya 2 kali dalam seminggu.

Selain itu asam lemak omega-3 juga merupakan komponen yang sangat penting untuk kesehatan retina karena ia memperbaharui sel-sel pada retina secara alami.

Anda dapat memperoleh manfaat dari minyak ikan ini melalui ikan salmon, tuna, sarden, kerang-kerangan, serta suplemen kapsul.

Namun harus diingat, konsumsi minyak ikan juga harus dengan dosis yang tepat.

Jika berlebihan dapat mengakibatkan pendarahan internal dan alergi.

Dosis yang disarankan adalah 500-1000 mg ( 1 softgel suplemen ) per hari atau konsultasikan dengan dokter ahli gizi Anda untuk memperoleh dosis sesuai kebutuhan dan usia. (TR)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar