Jumlah Minyak Ikan Yang Bisa Dikonsumsi Setiap Hari


DokterID - Minyak ikan memiliki beberapa dampak positif bagi kesehatan jantung anda dan mengandung 2 jenis omega 3, yaitu DHA dan EPA yang penting selama kehamilan dan menyusui.

Akan tetapi, bukan berarti anda dapat mengkonsumsi minyak ikan sebanyak yang anda inginkan.

Berkonsultasilah dengan dokter anda mengenai berapa banyak dosis maksimum yang boleh anda konsumsi setiap harinya.

Dosis Maksimum Minyak Ikan yang Masih Aman Dikonsumsi 

Bagi sebagian besar orang dewasa, termasuk ibu hamil dan menyusui, mengkonsumsi kurang atau sama dengan 3 gram (3000 mg)  minyak ikan setiap harinya masih aman bagi kesehatan anda.

Walaupun komposisi atau kandungan omega 3 pada setiap suplemen minyak ikan berbeda-beda, sebagian besar suplemen minyak ikan mengandung 1 gram minyak ikan di setiap kapsulnya.

Mengkonsumsi lebih dari 3 gram minyak ikan setiap harinya dapat meningkatkan resiko terjadinya perdarahan.

Minyak ikan juga dapat mengandung sedikit zat berbahaya seperti merkuri dan poliklorinasi bifenil (PCB) yang memiliki dampak negatif terhadap perkembangan janin dan anak-anak.

Keadaan Tertentu

Orang-orang dengan beberapa gangguan kesehatan tertentu mungkin dapat memperoleh dampak positif saat mengkonsumsi suplemen minyak ikan dosis tinggi ( lebih dari 3000mg harus dalam pengawasan dokter).

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi 12 gram minyak ikan dapat membantu mengurangi gejala sindrom Raynaud.

Selain itu, beberapa penelitian lainnya juga menemukan bahwa mengkonsumsi lebih dari 3 gram minyak ikan mungkin dapat memberikan dampak positif pada penderita rematik sendi, depresi, kadar trigliserida yang tinggi, tekanan darah tinggi, gangguan ginjal, dan kanker (harus dilakukan di bawah pengawasan dokter).

Kebutuhan Minimal Omega 3 

Mengkonsumsi suplemen minyak ikan juga dapat membantu memenuhi kebutuhan omega 3 harian anda.

The American Pregnancy Association menganjurkan agar semua orang dewasa mengkonsumsi setidaknya 500 mg kombinasi DHA dan EPA setiap harinya, dan setidaknya 300 mg DHA selama kehamilan dan menyusui.

Alternatif Lain 

Selain suplemen minyak ikan, anda dapat memenuhi kebutuhan omega 3 harian anda dengan mengkonsumsi ikan salmon, ikan tuna, ikan teri, dan ikan sardine yang mengandung sekitar 1 gram omega 3 per 3.5 onsnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar