Omega 3 Turunkan Kadar Testosteron Pada Penderita PCOS

pmega 3 menurunkan kadar testosteron pada pcos

PCOSDietSupport - Jika anda memiliki PCOS, asam lemak omega 3 adalah elemen PENTING yang perlu ditambahkan kedalam diet PCOS anda.

Tapi seperti apakah asam lemak omega 3 itu? Kedua asam omega 3 dan omega 6 adalah asam lemak essensial, yang mana artinya keduanya TIDAK DIPRODUKSI secara alami didalam tubuh.

Karena itu satu-satunya cara mendapatkannya, adalah lewat makanan.

Keduanya membantu: Menjaga dan memelihara dinding sel Membantu menjaga fungsi otak Mengatasi peradangan Mendukung kesehatan rambut dan kulit

Menariknya, ada beberapa vitamin yang hanya dapat diserap dengan adanya lemak.

Vitamin D adalah salah satunya, yang mana sering ditemukan "amat sangat kurang" pada orang yang mengalami PCOS.

Jadi vitamin D akan lebih mudah diserap saat terdapat asam lemak omega 3 didalam tubuh.

Omega 3 dan PCOS

Penelitian terkini menemukan bahwa peningkatan asupan omega 3 menghasilkan "penurunan" kadar testosteron pada wanita yang mengalami PCOS.

Kelebihan testosteron inilah yang menyebabkan tumbuhnya rambut, jerawat, dan timbulnya PCOS.

Juga, menjaga asupan omega 3 lewat suplemen juga meningkatkan kualitas sel telur yang diproduksi oleh ovarium.

Tidak hanya itu, omega 3 juga meningkatkan sensitifitas tubuh terhadap insulin. Banyak sekali manfaatnya.

Hati Hati Terhadap Terlalu Banyaknya Omega 6 


Omega 3 dan omega 6 dapat berkerja dengan baik saat mereka berada pada rasio yang optimal. Diperkirakan rasio yang optimal adalah 1:1.

Namun pada masa modern saat ini dengan gaya hidup yang kurang sehat, rasionya meningkat didalam tubuh menjadi 1:16 atau bahkan 1:30 dengan omega 6 menjadi terlalu banyak.

Karena itu, kita perlu meningkatkan asupan omega 3 dan menurunkan kadar omega 6 didalam tubuh. Kita lihat bagaimana caranya:

Sumber Omega 6 


Asam lemak omega 6 merupakan asam lemak terpolisaturasi yang banyak ditemukan didalam minyak goreng nabati terbuat dari kacang, biji-bijian dan sayuran.

Minyak nabati ini banyak terdapat pada snack, kraker dan roti. Minyak goreng juga merupakan hasil produksi industri yang banyak dipakai saat ini, Jadi anda dapat melihat, mengapa omega 6 merupakan hal yang umum pada produksi makanan fast fiood saat ini.

Juga, omega 6 adalah hal yang bertanggung jawab pada peradangan ( termasuk pada ovarium pada PCOS ), penggumpalan darah, dan kerusakan sel.

Ini semua merupakan fungsi yang sangat penting bagi tubuh, selama berfungsi dengan baik dan tidak terganggu oleh omega 6.

Jangan salah, kita tetap membutuhkan omega 6 namun dalam kadar yang lebih kecil.

Jadi anda bisa menurunkan kadar omega 6 didalam tubuh dengan mulai mendapatkannya dari sumber alami seperti kacang dan biji-bijian, bukan kelebihan dari minyak goreng.

Sumber Omega 3 

Sumber omega 3 yang baik termasuk diantaranya kacang-kacangan, ikan laut dalam seperti sarden dan salmin.

Meski anda bisa mendapatkan omega 3 dari suplemen, mendapatkan langsung dari sumbernya akan lebih mudah diserap oleh tubuh.

Kelebihan lain dari memasukkan menu diatas kedalam makanan untuk PCOS anda adalah, bahwa mereka rendah akan GI dan tidak akan mengganggu kadar insulin serta gula darah anda.

Saya juga minum omega 3 setiap hari untuk menjaga kesehatan dan menghindari masalah serta penyakit yang tidak diinginkan di masa depan

Anda dapat minum suplemen omega 3 seperti Nature Plus Omega 3 seperti yang saya lakukan.

Jadi, jika anda merasa punya PCOS, segera tingkatkan asupan omega 3 anda setiap hari untuk membantu tubuh anda sendiri memerangi penyakit tersebut dari dalam.

Sediakan apa yang tubuh anda butuhkan untuk mengembalikan kesehatannya seperti semula.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar